Travel Nusa Penida

Home Travel Nusa Penida

Travel Nusa Penida


Nusa Penida memiliki banyak sekali lokasi menarik yang wajib dikunjungi, bahkan Nusa Penida disebut - sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Bali. Jika menginginkan petualangan alam yang akan membuat Anda bisa merasakan kesempurnaan keindahan alam mulai dari bukit, pantai yang sangat indah, tebing yang menjulang dan alam bawah laut yang menakjubkan, maka disinilah Anda akan menemukan semuanya.

Nusa Penida adalah pulau yang berada di tenggara pulau Bali dan berjarak sekitar 20 km. Kendaraan yang biasa digunakan untuk menuju Nusa Penida adalah kapal kelas fastboat yang berangkat dari Pelabuhan Sanur dengan waktu tempuh sekitar 30 - 45 menit untuk sampai di Nusa Penida.

Untuk menikmati Travel di Nusa Penida perlu adanya perencanaan yang baik disesuaikan dengan waktu dan budget yang dimiliki. Untuk meng-explore seluruh pulau destinasi alam di Nusa Penida, setidaknya perlu menyiapkan waktu 3 hari. Berikut ini beberapa tempat yang wajib di kunjungi :

1. Pantai Crystal Bay

Ini adalah salah satu tempat wisata di Nusa Penida bagian barat yang wajib di kunjungi jika Anda memesan travel Nusa Penida karena keindahannya yang begitu menakjubkan. Crystal Bay yang terkenal dengan pantai pasir putihnya ini berada di wilayah Banjar Penida, sebelah barat desa Sakti dan tepat di pesisir barat laut menghadap Nusa Ceningan. Pantai dengan perairan jernih ini juga merupakan surga bagi para pecinta snorkeling karena keindahan bawah lautnya. Crystal Bay juga terkenal karena di perairannya merupakan tempat munculnya ikan Mola Mola yang status konservasinya langka. Ikan jinak yang berukuran raksasa ini bisa mencapai panjang 3 meter dan biasa muncul di sekitar bulan Juni sampai November. Bulan bulan tersebut adalah waktu yang tepat untuk diving atau snorkeling jika ingin berenang bersama ikan Mola Mola. Tidak hanya itu, Crystal Bay juga menjadi lokasi paling strategis untuk menikmati keromantisan matahari tenggelam karena ada beberapa toko kecil dilengkapi meja dan kursi di sepanjang garis pantai yang tersedia untuk bersantai di kala senja. 

Tentang Ikan Mola Mola
Salah satu hal yang paling unik di Nusa Penida adalah adanya ikan ajaib yang bernama ikan Mola Mola atau bisa disebut Sunfish. Ikan ajaib yang berukuran sampai 4 meter ini, beratnya bisa mencapai 1 ton hingga 2,25 ton. Ikan Mola Mola bisa ditemui di Crystal Bay di bulan Juli sampai November.

Yang membuat ikan ini istimewa adalah bentuknya yang bulat sehingga sering disebut sebagai ikan matahari. Bentuknya memang aneh dimana dia tidak memiliki ekor namun ada sirip yang menggantikan ekornya di bagian bawah tubuhnya. Ikan Mola mola bisa menjadi daya tarik ketika anda berada di Bali adalah karena mereka jenis ikan yang punya keingintahuan tinggi. Saat ada penyelam, mereka tidak menjauh namun malah mendekat sehingga bisa diajak bermain di bawah laut. Hasilnya banyak sekali foto foto keren dimana penyelam berinteraksi dengan ikan Mola Mola. Ikan Mola Mola tergolong ikan yang tidak agresif dan hanya memakan ubur ubur serta rumput laut sehingga tidak perlu khawatir tergigit saat berinteraksi dengannya.

Di awal tahun 2017, ikan ini terlihat muncul di pantai Atuh yang juga merupakan pantai yang menjadi kawasan inti perkembangbiakan ikan di pulau Nusa Penida yang juga termasuk kawasan konservasi. Hal yang sangat disayangkan oleh Kepala UPT KKP (Kawasan Konservasi Perairan) Nusa Penida adalah kekhawatiran apabila jumlah turis travel Nusa Penida yang diving bersama atau ingin melihat ikan Mola Mola semakin meningkat akan dapat mengganggu ekosistem perairan.

Sumber :
Photograph By Stephen Tan, Your Shot National Geography

2. Broken Beach dan Angel's Billabong

Terletak di Nusa Penida Barat, Broken Beach (Pasih Uwug) adalah sebuah gua besar yang telah hancur sebagian atapnya hingga menyisakan bentuk menyerupai jembatan di atas laut. Keindahan alam ini bisa dinikmati dari atas dan sangat instagram-able. Saat air pasang kita bisa melihat air masuk hingga ke dalam pantai kecil indah yang terletak di bawah tebing yang sayangnya tidak bisa diakses karena medan yang berbahaya. Broken Beach merupakan tempat yang bagus untuk berfoto ria saat mengikuti travel Nusa Penida. Di perairan sekitarnya, apabila kita beruntung kita dapat melihat ikan pari manta raksasa muncul berenang di permukaan air laut di bawah ceruk. Perairan yang memang masih tergolong dekat dengan spot snorkeling Crystal Bay ini juga merupakan spot favorit untuk diving karena ada banyak kesempatan bertemu dengan ikan pari manta. Karena kepopulerannya di kalangan turis asing, banyak penyedia jasa snorkeling dan diving yang menawarkan area ini dengan harga yang sayangnya kurang bersahabat bagi turis lokal.


Angel's Billabong adalah lokasi menarik lain yang umum terdapat di paket travel Nusa Penida dan berjarak sekitar 200 meter dari Broken Beach. Angel's Billabong adalah cerukan di bebatuan yang langsung berada di tepi lautan lepas dan memiliki kolam kolam kecil yang terendam air laut. Saat air laut sedang pasang, air laut akan masuk ke celah hingga penuh sehingga sangat berbahaya untuk dikunjungi. Yang menarik adalah saat air laut sedang surut, akan ada air yang terkurung sehingga akan menjadi semacam laguna kecil berkolam dangkal yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar bermain air. Selain itu, karena berada langsung di tepian laut, latar laut lepas akan menjadi sangat menarik jika digunakan sebagai objek latar foto. Disinilah surga bagi traveler pemburu foto unik dari segala penjuru dunia yang akan sangat rugi untuk dilewatkan jika mengikuti rangkaian tour travel Nusa Penida.




3. Kelingking Beach

Destinasi unik lain yang ditawarkan di Travel Nusa Penida bagian barat adalah Pantai Kelingking, yang merupakan tanjung berbentuk seperti kelingking (ada juga yang menganggap itu lebih mirip ibu jari atau kepala dinosaurus). Terdapat pantai berpasir putih dengan lautan yang biru di bawahnya dan menjadi spot foto yang sangat unik apabila diambil dari atas. Pantai pasir putih yang terlihat sangat menggiurkan untuk dijelajahi ini sayangnya tidak disarankan untuk dituruni karena jalan menuju ke pantai medannya berbahaya dan rusak berat. Karena sangat disarankan untuk tidak turun demi alasan keselamatan, terdapat beberapa papan larangan di sekitar jalan turun ke pantai yang dibuat oleh warga lokal. 

Sebelum menuju spot foto Pantai Kelingking, kita dapat menemui spot foto bernama Pohon Cinta dimana kita dapat berfoto di atas batang kayu berlatarkan langit biru. Rasakan desiran angin laut dan sensasi berdiri dekat dengan langit saat berfoto di spot ini.

Pantai Kelingking biasa dipakai sebagai lokasi transit untuk beristirahat sejenak setelah berkeliling ke tempat - tempat wisata Nusa Penida sebelumnya. Di sini terdapat semacam cafe sederhana dan warung untuk membeli minuman dan makanan ringan. Dalam paket tur sehari dari beberapa layanan Travel Nusa Penida, lokasi ini digunakan untuk makan siang sebelum beranjak lagi menuju Broken Beach, Angel Billabong ataupun Crystal Bay.






4. Pantai Atuh

Di sisi timur pulau Penida, ada destinasi tersembunyi dan jauh dari keramaian yaitu Pantai Atuh. Demi mencapai surga yang memiliki hamparan pasir putih dan debur ombak lembut ini memang cukup membutuhkan perjuangan. Jalan setapak diantara tebing dan jurang di sisi kiri dan kanan menemani perjalanan menuju pantai ini. Dikarenakan lokasinya yang dikelilingi tebing besar berbentuk semacam benteng, membuat ombak tertahan sehingga deburan ombak yang sampai ke pantai terasa lembut. Selain dapat bermain air atau sekedar bersantai di pinggir pantai, Pantai Atuh memiliki spot foto yang tidak kalah menarik yaitu susunan tebing karang raksasa yang seakan menjadi pintu menuju lautan biru yang luas. Karena jaraknya yang cukup jauh dari pelabuhan Nusa Penida, biasanya jasa travel Nusa Penida dapat mengantar ke Pantai Atuh jika mengambil pilihan tur menginap.


5. Bukit Molenteng (Rumah Pohon, Pulau Seribu)

Terletak di dekat Pantai Atuh yang juga berada di timur pulau Penida, Bukit Molenteng adalah destinasi yang tidak kalah menarik. Bukit dengan latar bukit karang indah di tengah hamparan biru laut sekaligus dapat menikmati keindahan Pantai Atuh dari ketinggian ini memiliki dua spot foto yang terkenal. Salah satunya adalah Rumah Pohon, dimana disediakan beberapa rumah panggung di atas pohon sehingga pemandangan laut dan tebing dapat diambil dari sudut pandang lebih tinggi. Selain itu, wisatawan dapat menginap di area Rumah Pohon karena memang rumah rumah pohon tersebut disewakan bagi orang orang yang ingin menikmati serunya tidur di tengah alam dengan harga yang cukup terjangkau. Namun tak perlu khawatir tidak bisa mengambil foto dengan latar menakjubkan dari sudut pandang rumah pohon, karena selama rangkaian tur travel Nusa Penida wisatawan dapat berfoto dengan bebas di area Rumah Pohon.  

Spot lainnya adalah Pulau Seribu yang sebenarnya adalah spot foto berlatarkan tebing tebing karang berjumlah banyak yang sangat indah. Untuk menuju ke spot tersebut, wisatawan perlu menuruni tangga sederhana yang dibuat dari tanah dan batu kapur yang cukup membutuhkan energi dan nyali. Namun proses perjalanan yang cukup menantang ini akan terbayar lunas oleh keindahan alam yang tersaji di spot Pulau Seribu. 


6. Bukit Teletubies

Di antara perbukitan kapur dan karang di Penida Timur, terdapat surga hijau yang seakan menjadi oase. Bukit Teletubies adalah padang rumput cantik dan menawan yang mirip dengan gambaran bukit tempat tinggal para makhluk lucu di acara televisi teletubies. Karena berupa padang rumput, sebaiknya mengunjungi bukit ini di musim penghujan untuk dapat melihat pemandangan yang sangat asri dan menyejukkan mata. Warna hijau segar akan terpampang sepanjang mata memandang saat musim hujan sehingga banyak yang menggunakan latar bukit ini sebagai bagian sesi foto pre-wedding.